Friday, 20 October 2017 - Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu SMS
Home » Uncategorized » Asli Durian Merah Asal Banyuwangi

Asli Durian Merah Asal Banyuwangi

30 March , 2016 , Category : Uncategorized
Durio Zibethinus, Durian Merah Banyuwangi, Chitra Nusa Bedding, Sprei Home Made, Sprei Tips News

Durio Zibethinus, Durian Merah Banyuwangi, Chitra Nusa Bedding, Sprei Home Made

Asli Durian Merah Asal Banyuwangi

by Arsy Dzafa, 29 Maret 2016

Durian

Buah durian sudah banyak dikenal dibanyak negara, menjadi agro industri, objek wisata kuliner, durian food home made, Banyuwangi Agro Expo, serta menjadi objek penelitian holtikultura buah tropis. Apa istimewanya durian merah Banyuwangi ?. Apa manfaat makan buah durian merah ?

Durian termasuk dalam buah-buahan tumbuh di daerah tropis Asia Tenggara. Ciri buah memiliki aroma khas harum berkulit tebal dan berlekuk tajam menyerupai duri.  Nama latin untuk buah durian adalah Durio lengkapnya Durio Zibethinus. Umumnya daging buah durian berwarna putih dan kuning, tetapi Banyuwangi memiliki durian merah berbeda dengan durian lainnya.

Durian Abyang Ya Durian Merah

Durio Zibethinus Hybrid, Tiger Red Banyuwangi, Eko BWI, Chitra Nusa Bedding, Sprei Home Made, Durian Balqis SOJ

Durio Zibethinus Hybrid, Tiger Red Banyuwangi, Eko BWI, Chitra Nusa Bedding, Sprei Home Made, Durian Balqis SOJ

Durian abyang begitu warga Banyuwangi menyebut durian merah. Durian abyang artinya durian merah, sampai ada suatu pojok Banyuwangi namanya Gang Durian Abyang di Desa Kemiren – tempat penduduk asli Banyuwangi yaitu suku Osing. Banyuwangi memiliki beberapa varietas durian merah dikelompokan lagi dalam tiga varian warna. Daging buah adalah jaringan pembungkus biji, durian merah Banyuwangi  dapat dibedakan dari warna daging buahnya yaitu Durian Merah Blocking yang seluruh daging buahnya berwarna merah, Durian Merah Pelangi yang daging buahnya berwarna merah dan kuning, terakhir Durian Grafika memiliki daging buah warna putih, kuning dan merah. Ketiga varian itu bisa dibedakan dari pohonnya, serta daunnya memiliki kekhasan masing-masing.

Awal durian merah Banyuwangi menjadi terkenal bermula pada tahun 1997, hanya diketahui 3 pohon yang berproduksi. Buah durian merah ini tumbuh di Desa Kemiren Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Penggemar buah durian Banyuwangi sudah tidak asing dengan Pak Serad karena dialah pertama kalinya dikenal pemilik pohon durian merah. Sejak itu kemudian mulai pula ditemukan beberapa jenis durian merah di Desa Kampung Anyar - Kecamatan Glagah dan juga ada di Desa Balak - Kecamatan Songgon. Bagi penggemar durian butuh akomodasi sampai rela bermalam untuk mendapatkan buah durian merah langsung dari pohon. Kadang rumah pemilik pohon durian menjadi penginapan sementara bagi durian lover

Budidaya durian merah Banyuwangi mulai dirintis pada tahun 2007, penyebaran bibit durian merah dilakukan di lima kecamatan yaitu Glagah, Songgon, Kalipuro, Licin dan Giri – Glasokaligi. Durio Lover bernama Eko Mulayanto Ketua Divisi Riset dan Pengembangan Durian dari Forum Pemerhati Hortikultura Banyuwangi pada tahun 2014 membagikan 3.000 pohon durian merah di lima kecamatan tempat persebaran durian yang saat ini dibudidayakan masyarakat Banyuwangi. Bibit durian merah ini akan ditanam di sepanjang jalanan Kemiren, kebun pekarangan milik warga dan bantaran sungai.Durian merah kini menjadi satu komoditas hortikultura andalan asal Kemiren, Banyuwangi.

Durian Raja Buah, Durian Merah, Durio Rainbow, Durian Pelangi Banyuwangi, Chitra Nusa, Sprei Home Made

Durian Raja Buah, Durian Merah Banyuwangi, Chitra Nusa, Sprei Home Made

Sejak tahun 2012 negara tetangga seperti Thailand, Malaysia, Korea, Singapura bahkan Australia juga mengincar durian merah Banyuwangi untuk mereka kembangkan. Pada Agustus 2012 Thailand, Malaysia dan Korea sudah memburu Durian Abyang (Dubyang) belajar ke Banyuwangi, mereka melakukan penelitian dan mulai mengembangkannya di negara masing-masing.

Untuk pengembangan lebih lanjut dan budidaya durian asli Banyuwangi ada dua jenis bibit durian merah yang ditanam yakni Musang Merah dan F1 Dubang. Bibit tersebut dikembangkan secara original composite yakni dari biji durian merah aslinya. Bibit Musang Merah dikembangkan dari pohon durian merah asli Desa Kemiren yang buahnya nanti berwarna merah muda. Sedangkan bibit F1 Dubang dikembangkan dari pohon durian berasal dari Kecamatan Songgon yang warnanya pelangi antara merah dan kuning.

Keistimewaan Durian Merah Banyuwangi

Eko Mulyanto, Durian Merah Banyuwangi, Chitra Nusa Bedding, Sprei Home Made

Eko Mulyanto, Durian Merah Banyuwangi, Chitra Nusa Bedding, Sprei Home Made

Menurut Eko cikal bakal durian merah Banyuwangi ada usia pohonnya sudah lebih dari seratus tahun. Durian merah Banyuwangi memiliki cita rasa khas aroma wangi, rasa enak manis dari daging buah berkadar alkohol rendah, serta warna merah berkhasiat. Ukuran durian merah Banyuwangi relatif kecil dibandingkan durian biasa, yaitu beratnya maksimal hanya 2 kg. Walaupun kecil, daging durian merah lebih tebal dan lembut karena bijinya juga lebih kecil dari durian biasa. Pemerhati durian berpendapat bahwa durian merah Banyuwangi lebih enak dari durian merah Kalimantan dan Malaysia. Nama latin dari asal ketiga durian merah itu juga berbeda. Untuk durian merah Kalimantan bernama latin Durio Kutejensis, durian merah Malaysia bernama Durio Graveolens, dan untuk durian merah Banyuwangi punya nama latin Durio Zibethinus.

Mengapa durian merah Banyuwangi bisa jadi paling enak ? Tempat tumbuh durian merah Banyuwangi berada dilokasi tanah ketinggian 500 – 1000 meter dari permukaan laut. Durian merah Banyuwangi yang bagus tumbuh diketinggian sekitar 800 meter. Durian merah Banyuwangi memang unik karena cukup mendapatkan sulfur dan juga nutrisi garam dari air laut.

 “Sulfur dibawa dari arah Gunung Ijen dan Gunung Raung. Sedangkan nutrisi garam air laut juga dari arah timur dan itu setiap hari gantian mendapatkan nutrisi yang cukup. Inilah salah satu penyebab rasa khas yang muncul di durian merah yang ada di Banyuwangi,” kata Eko

Durian merah sudah menjadi kebanggaan Indonesia dan juga banyak disukai masyarakat asing, dan mereka rela merogoh kocek lebih dalam untuk dapat menikmati rasa durian yang legit ini, tapi tidak mengeluarkan bau menyengat. Sehingga aman bagi pelancong membawa durian merah melalui pesawat.

Geografis Kabupaten Banyuwangi berada paling ujung timur pulau Jawa, berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di utara, Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso di barat, Samudra Hindia di selatan dan sebelah timur dengan Selat Bali. Pelabuhan Ketapang Banyuwangi menghubungkan Pulau Jawa dengan  Pelabuhan Gilimanuk di Bali.

Untuk meningkatkan pariwisata Bupati Banyuwangi Hj. Abdullah Azwar Anas memberi brand pada Kabupaten Banyuwangi yaitu The Sunrise Of Java – SOJ, alasannya memang Banyuwangi yang pertama kali merasakan cahaya sunrise di Pulau Jawa

Manfaat Durian Merah Banyuwangi

Daging buah durian merah Banyuwangi memiliki kandungan senyawa beragam khasnya vitamin lebih lengkap dari durian lainnya. Serat berfungsi untuk mengatasi atau menyingkirkan sembelit yang disebabkan oleh sistem metabolimse tubuh atau pencernaan yang tidak lancar. Durian merah mengandung zat afrodisiak  bagus untuk vitalitas pria, tifohormon yang bisa mencegah penuan dini, dan titosteron yang mendorong relaksasi. Tidak seperti durian yang berwarna kuning pucat dan putih yang didominasi zat gula dan karbohidrat. Warna merah dari durian abyang mengandung zat bernama serotonin bisa mengobati insomnia, juga ada antosianin yang mencegah penuaan dini.

Kandungan vitamin C sebagai antioksidan yang baik untuk menjaga keremajaan kulit wajah dan anti penuaan, kandungan potassium dan kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan sendi dan tulang, kandungan senyawa tembaga yang mampu merawat kesehatan kelenjar tiroid, juga memiliki kandungan vitamin B2, riboflavin, fosfor, vitamin B1, asam folat. Kandungan alami yang dimiliki oleh buah durian merah sebenarnya baik untuk kesehatan

Durian mengandung kadar karbohidrat cukup tinggi, jadi setelah mengkonsumsi durian perut akan terasa kenyang dalam waktu cukup lama. Durian juga mampu meningkatkan suhu tubuh, karena kandungan karbohidrat yang dimiliki durian sangat mudah diserap oleh tubuh.

Buah durian kaya akan asam folat dan zat besi , maka dari itu buah durian dapat mengatasi penyakit anemia

Keistimewaan Durian Pelangi

Durian Merah Pelangi Banyuwangi, Chitra Nusa Bedding, Sprei Hand Made,

Durian Merah Pelangi Banyuwangi, Chitra Nusa Bedding, Sprei Hand Made

Terdapat 65 varian durian merah Banyuwangi namun yang layak dikonsumsi ada 25 varian, diantaranya adalah durian pelangi. Jenis ini memang warnanya tidak murni merah, tetapi ada kombinasi oranye, kuning dan guratan warnah putih di daging buahnya.

Durian pelangi adalah hasil perkawinan silang tiga varian durian di Banyuwangi. Berasal dari jenis durian putih (durio zibethinus), durian kuning (durio kutejensis) dan durian merah (durio graveolens) dan Pada tahun 2014 durian pelangi hanya bisa ditemukan beberapa pohon saja. Diantaranya di Kecamatan Songgon dan Kecamatan Glagah yang menjadi sentra dari durian pelangi. Ketika baru pertama kali muncul, harga durian jenis pelangi ini bisa selangit. Saat itu satu buahnya paling murah seharga Rp 250 ribu.

Jenis Durian Pelangi menurut Eko, memiliki kandungan vitamin yang cukup istimewa dan bagus untuk kesehatan. Daging buah durian mengandung beta carotin yang warna kuning, Antosianin atau antioksidan yang berwarna merah. Ada juga yang muncul warna susu agak kecoklatan. Ada kalanya durian pelangi ini muncul 4 warna, merah, jingga, kuning dan putih
Wajar saja durian ini sangat menyehatkan. Bahkan menurutnya, orang yang makan durian merah ataupun durian pelangi, konon bisa berumur panjang. Daging buah durian juga mengandung antioksidan serta vitamin C sehingga mampu menangkal radikal bebas yang merusak sel serta menghambat penuaan dini. Buah durian juga mengandung riboflavin atau vitamin B2 sehingga mampu meringankan gejala penyakit migraine. Selain itu buah durian juga mengandung niasin dan thiamin yang berguna untuk meningkatkan nafsu makan.

Tempat Menikmati Durian Merah Banyuwangi

Musim panen durian merah mulai Maret, April dan Mei. Anda suka durian durian merah Banyuwangi bisa menemukannya di Glasokaligi – ada di lima Kecamatan yaitu Glagah, Songgon, Kalipuro, Licin dan Giri. Bisa juga langsung ke Desa Kemiren kampung penduduk asli Banyuwangi suku Osing asal mula ditemukan durian merah Banyuwangi.. Akses melalui Jl. Jaksa Agung Suprapto dan Jl. Kemiren, ke barat menuju Desa Kemiren. Tapi anda juga bisa memperoleh durian merah dalam kota Banyuwangi di gerai buah “Agro Banyuwangi” berada di Jalan Brawijaya, samping Samsat.

Durian Merah Balqis Banyuwangi, Chitra Nusa Bedding, Sprei Home Made

Durian Merah Balqis Banyuwangi, Chitra Nusa Bedding, Sprei Home Made

Setiap tahun Banyuwangi mengadakan Banyuwangi Agro Expo di Taman Blambangan Kota Banyuwangi, untuk tahun 2016 anda bisa hadir di Festival Agro Expo mencicipi berbagai varian durian merah khas Banyuwangi mulai tanggal 9 – 13 April 2016. Varietas durian langka bisa Anda cicipi di festival yang digelar tiap tahun. Di acara Festival Buah Lokal ini pengunjung bisa makan sepuasnya* durian merah Banyuwangi ini, acaranya bertepatan dengan panen raya yang digelar di Banyuwangi.

Duren Merah SOJ, Chitra Nusa Bedding, Sprei Hanmade

Duren Merah SOJ, Chitra Nusa Bedding, Sprei Hanmade

Ada dua varian durian merah sudah mendapat sertifikat dari Mentan yaitu durian merah Balqis SK Nomor 142/Kpts/SR.120/D.2.7/9/2015dan SOJ – Sunrise Of Java SK Nomor 143/Kpts/SR.120/D.2.7/9/2015.Varietas SOJ kini menjadi idola karena warna dagingnya yang sangat terang dan mencolok. Ketebalan dagingnya mencapai 16,5 milimeter dengan perpaduan rasa manis dan pahit yang pas di lidah. Nilai ekonomisnya tinggi menjadi unggulan. Selain itu, aroma durian ini juga tidak tajam.

Tips Makan Buah Durian.

Buah durian diberi julukan The King of Fruits – Raja Buah atau juga buah bintang lima. Mengapa diberi julukan demikian, karena nilai gizinya yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan buah yang lain. Sebut saja vitamin B dan vitamin C yang sangat berguna bagi tubuh Anda ada dalam durian. Selanjutnya  ada pula zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, tiamin, riblofavin, omega 3 dan omega 6. Rupanya, Anda juga akan menemukan phytonutrient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, dan tryptophan. Selain itu juga ada zat gizi umum seperti karbohidrat, lemak tak jenuh, dan protein.

Pilih buah durian yang masih segar dan matang bisa dikenal dari tangkai buah, cium bau aroma dikulit buah, ditepuk-tepuk apakah terdengan mendem atau nyaring bagus dan diguncang-guncang dari semua itu akan dikenali buah yang sudah matang. Selain itu ada juga penjual buah mencungkil buah untuk memberi kesempatan bagi pembeli apakah cocok atau tidak dengan yang diinginkan. Dilain tempat ada penjual hanya menyediakan  durian yang terbaik saja, pembeli hanya tinggal pilih ukuran dan makan.

Manggis, Ratu Buah, Chitra Nusa Sprei, Tips News Sprei, Sprei Handmade, Sprei Keluarga Ramah Lingkungan

Manggis, Ratu Buah, Chitra Nusa Sprei, Tips News Sprei, Sprei Handmade

Daging buah durian memang enak namun ada orang yang merasa mabuk durian, ini ada sebabnya karena anda hanya makan “raja buah” saja  jadi tidak lengkap. Segala sesuatu ada pasangannya jadi anda harus makan “ratu buah” atau The Queen of Fruits. Tiap musim durian selalu diikuti dengan musim “ratu buah” yaitu buah manggis.  Tips makan durian agar tidak mabuk makanlah 4 – 5 buah manggis sebelum makan durian  maka Anda tidak akan mabuk durian walau makan sekenyangnya. Cara lain adalah bisa diatasi dengan menuangkan air putih ke bekas cangkang atau batok  buah durian setelah  anda selesai makan buah durian. Caranya dengan menggosok-gosok permukaan putih batok durian berisi air putih kemudian minum, pada lilin batok buah durian terdapat anti alkhohol.

Pada durian biasa yang berwarna kuning dan putih pucat mengandung karbohidrat dan zat gula yang cukup tinggi, jadi setelah mengkonsumsi durian perut akan terasa kenyang dalam waktu cukup lama. Durian juga mampu meningkatkan suhu tubuh, karena kandungan karbohidrat yang dimiliki durian sangat mudah diserap oleh tubuh. Namun perlu diperhatikan disini, bagi seseorang yang menderita penyakit tekanan darah tinggi alangkah baiknya jangan mengkonsumsi durian karena tentu saja akan membuat tekanan darahnya naik.

Cara Untuk Datang Dapatkan Banyuwangi

 Festival Banyuwangi  berlangsung di Taman Blambangan, sebuah taman di pusat kota Banyuwangi. Bandara terdekat adalah 20 km sebelah selatan dari pusat kota. Ini disebut Bandara Blimbingsari ( BWX ) dan dilayani oleh Garuda Airlines dari Denpasar, Bali dan Surabaya, Jawa .

Dari Bali , Anda akan perlu mengambil feri penyeberangan GilimanukKetapang . Anda dapat mengambil bus dari Terminal Bus Ubung atau menyewa mobil dan membawa diri Anda ke tujuan. Dibutuhkan waktu sekitar 4,5 jam .

Selain Agro Wisata Banyuwangi juga layak jadi tujuan Wisata Kuliner Banyuwangi memiliki banyak makanan khas perlu anda cicipi dan Oleh-oleh aneka buah tangan khas Banyuwangi dan olahan buah durian bermacam durian food homemade, Wisata Budaya Banyuwangi karena memiliki suku asli Osing dengan budaya khas juga memyediakan homemade food gift. Wisata Alam Banyuwangi, negeri Banyuwangi memiliki wisata alam yang lengkap meliputi pantai, pulau, dataran tinggi sejuk dan pegunungan.

 

Banyuwangi Map, Chitra Nusa, Sprei Home Made, Sprei Tips News, Sprei Keluarga Masa Kini, Peta Banyuwangi

Banyuwangi Map, Chitra Nusa Bedding, Sprei Home Made, Sprei Tips News, Peta Banyuwangi Kabupaten

 

 

pencarian dari google:

Istilah Daging Babi Produk Makanan

10 April , 2016 , Kategori : Uncategorized
Istilah Daging Babi Produk Makanan

Mengenal Istilah Daging Babi Pada Produk Makanan. Dewasa ini di pasaran banyak beredar bermacam produk makanan berbahan baku babi. Umat Islam agar selektif dalam mengkonsumsi makanan dan minuman apalagi produknya menggunakan label berbahasa asing. Ada produk makan yang sudah... baca selengkapnya

Asli Durian Merah Asal Banyuwangi

30 March , 2016 , Kategori : Uncategorized
Asli Durian Merah Asal Banyuwangi

Asli Durian Merah Asal Banyuwangi by Arsy Dzafa, 29 Maret 2016 Durian Buah durian sudah banyak dikenal dibanyak negara, menjadi agro industri, objek wisata kuliner, durian food home made, Banyuwangi Agro Expo, serta menjadi objek penelitian holtikultura buah tropis.... baca selengkapnya

Reflections On Human Civilization, Tragedy of Faith

15 March , 2016 , Kategori : Uncategorized
Reflections On Human Civilization, Tragedy of Faith

Reflections on human civilization, Tragedy of Faith by Arsy Dzafa V Caetera inter papal bull on 4 may 1293 was never revoked, now they are free to do what he wants, there is no accountability for their actions, they... baca selengkapnya

Reflections on human civilization

15 March , 2016 , Kategori : Uncategorized
Reflections on human civilization

Reflections on human civilization by Arsy Dzafa I in memory of disaster experienced by humans who have perished, now inherit the sufferings of the oppressed human remains, Indigenous deprived of its sovereignty, messy personal life and community formation, how... baca selengkapnya

“Barbaric Evil Smile”

5 December , 2015 , Kategori : Uncategorized
“Barbaric Evil Smile”

  “Racist White Woman“ I could kick Your face, puncture Both eyes. You deserve this kind Of violence. No more vicious Tongues, obscene Lies. Just a knife Slitting your tight Little heart. For all my people Under your feet... baca selengkapnya

Keranjang Belanja Anda
Jumlah Barang : pcs
October 2017
M T W T F S S
« May    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Shalat – Klik Ganti Kota



watcher who want to know

Flag Counter


Save Human Being, Not Predator.


Hotline : 0812 9589 2799 SMS Center : 0812 9589 2799 BB Messenger : D54C B65D chitranusa@gmail.com